Bank IFI Ditutup

Keluar Masuk "Rumah Sakit "Bersama Century

Hari ini Bank Indonesia menutup Bank IFI. Setelah mampu melewati krisis perbankan tahun 1998, bank ini sesungguhnya mulai sakit-sakitan tahun 2002. Tanggal 20 Agustus 2002, bank ini masuk pengawasan khusus Bank Indon esia. Dia tidak masuk sendiri. Tapi bersama Bank Century.

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida

Dalam siaran pers yang digelar Bank Indonesia, Rabu, 21 Agustus, kondisi kesehatan IFI dan Century  cukup parah. Rasio kecukupan modal (CAR) di bawah 8 persen. Bahkan pada tanggal 30 Juni 2002, keadaan dua bank ini lebih parah. Nilai CAR Century turun hingga 5,29 persen. Dan IFI turun menjadi 5,21 persen. Memburuknya kondisi dua bank ini lebih karena turunya aktiva produktif.

Bank Indonesia mendesak dua bank ini untuk memperbaiki stuktur keuangannya. Menambah modal agar tidak kolaps. Bank Indonesia berharap agar penambahan modal itu bisa membuat stuktur keuangannya membaik dan segera keluar dari pengawasan Bank Indonesia. “Pengalaman selama ini tidak lama,” kata Gubernur Bank Indonesia saat itu, Syahril Sabirin.

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

Apa sebab musabab turunya nilai CAR itu. Tidak ada penjelasan resmi. Soal kredit macet, Syahril menegaskan, “ Persoalan kredit macet menimpa semua bank. Jadi tidak usah kwatir.”

Kualitas asset kedua bank itu juga memburuk. Bank Century menghadapi kesulitan kredit perdagangan,dan Bank IFI menghadapi masalah pendapatan bunga antar bank.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Perlahan-lahan kesehatan dua bank itu mulai membaik. Dan keduanya cek out dari pengawasan Bank Indonesia, September 2002.

Sehat sebentar, kondisi kedua bank ini memburuk lagi pertengahan 2008. Bank Indonesia kembali mengawasi keduanya. Tapi nilai CAR tetap tidak membaik. Akhirnya, Century ditutup November 2008. Dan IFI enam bulan kemudian.

Komandan al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Abu Shujaa pun dinyatakan telah tewas oleh Israel pada hari Jumat lalu. Namun, mengejutkannya, Abu Shujaa tiba-tiba 'bangkit dari kubur'.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024