Perselisihan Pilkada Jawa Timur 2008

Khofifah-Mudjiono Siap Kalah

VIVAnews – Mahkamah Konsitusi (MK) memutuskan kasus perselisihan hasil pemilihan gubernur Jawa Timur 2008, Selasa 2 Desember 2008 pukul 10.00 WIB. Kubu Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono berjanji menerima apapun hasilnya.

Astra Gelar Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 di Bengkulu, Ratusan Anak Muda Ikut Serta

“Bu Khofifah siap menang dan siap kalah. Beliau akan menerima dengan lapang dada,” kata anggota tim pengacara Khofifah-Mudjiono, Solihin HD kepada VIVAnews.

Khofifah-Mudjiono merupakan pasangan yang dikalahkan Soekarwo-Syaifullah. Khofifah kemudian menggugat hasil pemilihan karena menduga terjadi kecurangan selama proses pemilihan.

Bocah 7 Tahun di Makassar Mesum di Kuburan, Mengaku Karena Sering Nonton Film Porno

Solihin mengatakan putusan mahkamah bersifat final. Sebab, penggugat tidak memiliki peluang banding atas putusan itu. “Jadi ini satu-satunya alat terakhir untuk menyandang sebagai gubernur dan wakil gubernur,” katanya.

Selama massa persidangan, kubu Khofifah menyerahkan semua alat bukti dugaan kecurangan yang dilakukan kubu Soekarwo-Syaifullah. Menurut Solichin alat bukti yang diajukan sudah kuat.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

“Ada beberapa sisa suara seperti yang dikatakan dicoblos sendiri oleh petugas, rekaman bahwa salah satu bupati di sana menginstruksikan kepada kepala desa memenangkan salah satu pasangan,” kata Solihin.

Solihin mengatakan bila hakim konstitusi mempertimbangkan alat bukti itu maka hasil penghitungan suara itu tidak sah. Namun, bila mengacu pada hasil rekapitulasi suara, kata Solihin, mahkamah sulit memenangkan penggugat.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu di DPP PKS

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, sudah 10 tahun menjadi partai oposisi atau di luar pemerintahan. Semenjak Joko Widodo, menjadi Presiden. Apakah berlanjut di 2024 ini?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024