Pemeriksaan Bapepam

Kasus Antaboga Condong ke Penggelapan Uang

VIVAnews - Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Fuad Rahmany mengatakan kasus Antaboga yang memakan korban lebih pada kasus penggelapan uang.

"Itu bukan masalah pelanggaran aturan pasar modal," ujar Fuad di Jakarta, Jumat, 18 Desember 2008. "Kasus ini lebih merupakan kasus penggelapan uang."

Karena itu, Bapepam dan Badan reseres Kriminal Mabes Polri menangani kasus ini secara bersama-sama. Menurut dia, hal itu disimpulkan setelah adanya pemeriksaan kasus Antaboga yang menunjukkan bahwa transaksi nasabah dilakukan di Bank Century.

Fuad pernah menjelaskan bagaimana kecanggihan rekayasa teknik investasi yang dipakai Robert dalam kasus penipuan dana milik nasabah Antaboga.

Menurut Fuad, di sini yang menjadi korban adalah nasabah Bank Century. Sebab, transaksi dilakukan di Bank Century. "Nasabah membeli dan menaruh uangnya di sana."

Jadi, nasabah Antaboga, bukan nasabah pasar modal. Transaksi bukan dilakukan di Antaboga. Nasabah juga tidak pernah ke kantor Antaboga di Jl. Wolter Monginsidi, Jakarta.

Bahkan, menurut dia, produk yang dijual pun tidak dikenal dan tidak terdaftar di Bapepam. Padahal, yang dijual adalah produk pasar modal. "Karena itu, kami bekerja sama dengan kepolisian untuk mengungkap penipuan ini."

Nasabah produk investasi yang diterbitkan oleh Antaboga resah karena mereka tidak bisa mencairkan dananya setelah jatuh tempo pada bulan lalu. Mereka tertarik menanamkan duitnya di produk investasi ini karena ditawari suku bunga tinggi 11,5 - 13 persen.

Korban terbesar berasal dari Jawa Timur. Sejumlah kota lainnya, seperti Medan juga menjadi korban. Total dana yang dihimpun dari nasabah mencapai Rp 1,5 triliun.


Remaja di Depok Dibacok Secara Brutal hingga Kritis, Polisi Buru Komplotan Pelaku
Chelsea di laga terakhir Premier League 2023/2024

Klasemen Akhir Premier League 2023/2024, Chelsea Tampil di Kompetisi Eropa

Klasemen akhir Premier League 2023/2024 menempatkan Manchester City di posisi puncak. Skuad asuhan Pep Guardiola membukukan 91 poin hasil dari 38 pertandingan.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024