Nikmati Sensasi Mandi Rempah

VIVAnews – Jika badan terasa lelah dan pegal-pegal, mandi berendam air hangat sudah pasti akan sangat nikmat. Apalagi jika Anda melakukan relaksasi dengan mandi rempah. Tubuh menjadi wangi, rasa lelah pun sirna.

Skenario Bundesliga Kirim 6 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

Mandi rempah merupakan salah satu perawatan tradisional warisan budaya bangsa Indonesia yang sudah dilakukan selama berabad-abad. Perawatan ini dulunya merupakan tradisi bagi putri-putri keraton untuk menjaga kecantikan lahir maupun batin. Mereka meyakini, mandi rempah bisa membuat aura tubuh lebih terpancar.

Kini khasiat mandi rempah bisa dilakukan oleh semua orang, baik wanita maupun pria. Mandi rempah sudah terbukti menghaluskan kulit, mengatasi berbagai keluhan kulit, misalnya gatal, jerawat, atau bisul, menghilangkan bau badan, dan sebagainya. Wangi rempah sekaligus menjadi aromaterapi yang menenangkan pikiran dan emosi.

Aksi UI Tiru AS Gelar Kamp Palestine Solidarity untuk Penghentian Perang di Gaza Banjir Dukungan

Bukan cuma baik untuk kecantikan, mandi rempah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan zat-zat dalam berbagai jenis rempah bisa membuat peredaran darah mengalir lancar sehingga rasa lelah, pusing, bahkan insomnia tak lagi menghantui Anda.

Dengan berendam dalam air rempah, Anda telah melakukan detoksifikasi yang akan membuang racun-racun dalam tubuh Anda. Itulah sebabnya tubuh terasa lebih ringan setelah mandi rempah.

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Timnas Indonesia U-23 Raih Tiket Olimpiade Paris

Anda bisa menggunakan berbagai jenis rempah dan bahan-bahan herbal lainnya seperti kunyit, daun sirih, akar wangi, kayu cendana, kayu manis, vanilla, lavender, daun teh, dan sebagainya. Biasanya ditambahkan juga minyak bunga mawar, melati, lili, lotus dan sebagainya sehingga lebih harum.

Mandi rempah praktis bisa Anda lakukan sendiri di rumah, kok!

- Siapkan rempah-rempah yang ingin Anda pakai untuk berendam. Bungkus rempah dengan kain kasa supaya air tetap bersih.
- Isi bathtub dengan air hangat-hangat kuku.
- Celupkan kantung rempah ke dalam air hangat. Rasakan aroma rempah mulai menguar.
- Tambahkan garam mandi dengan aroma favorit Anda.
- Berendamlah selama kurang lebih satu jam atau hingga Anda merasa relaks. Tapi jangan berendam terlalu lama, sebab akan membuat kulit kering.
- Sesekali guyurkan air rempah ke kepala Anda supaya peredaran darah di kulit kepala ikut lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya