Gempa Manokwari

Crisis Centre Makassar Kirim Bantuan

VIVAnews - Pusat Penanggulangan Krisis Regional Indonesia Timur (Crisis Centre) mengirim tenaga medis dan bantuan obat-obatan ke Manokwari, Papua Barat, untuk membantu membantu korban bencana gempa bumi.
 
Dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews, tim penanggulangan krisis berangkat ke Papua Senin, 5 Januari 2009. Tim tersebut dipimpin oleh dr. Idrus Paturusi, yang juga Ketua Brigade Siaga Bencana (BSB) Indonesia Timur.

“Pak Idrus didampingi 4 dokter umum, 2 dokter bedah, 2 perawat mahir, dan 2 tim evakuator,” Kata Dahlan Abu Bakar, juru bicara Idrus Paturusi.

Selain mengirimkan bantuan tenaga medis, lanjut Dahlan, tim membawa beberapa perlengkapan untuk penanggulangan tanggap darurat bencana alam. Seperti tenda ukuran besar, alat-alat operasi dan 10 koli obat-obatan. Obat-obatan tersebut untuk melengkapi pengadaan obat yang didatangkan dari Jakarta .

Rencananya, tim Crisis Centre Indonesia Timur akan bertugas di Manokwari selama satu minggu kedepan. Kendati demikian, jadwal tim tersebut akan diperpanjang jika kondisi Manokwari cukup parah dan perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Pada Minggu 4 Januari 2004 02.43 WIT , Manokwari diguncang gempa. Pagi itu,  terjadi Sembilan kali gempa dengan kekuatan  berkisar antara 5,2 hingga 7,6 skala ricther. Tercatat empat orang tewas dan delapan orang luka parah. Sementara, ribuan orang menjadi pengungsi  akibat bencana tersebut.

Laporan: Zeena/Makassar

Hadiri Digital and Intelligent APAC Congress 2024, Dave Laksono Bicara Infrastruktur Digital
VIVA Militer: Serah terima jabatan pejabat Kodam Diponegoro

Rotasi Besar Terjadi, Seorang Jenderal dan 6 Kolonel Pejabat Utama Kodam Diponegoro TNI Diganti

Dua Danrem diganti sekaligus.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024