Paska Lengser, Ari Soemarno Ingin Merenung

Sumber :

VIVAnews - Mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Ari Hernanto Soemarno merahasiakan kegiatan setelah pensiun dari orang nomor satu di perusahaan BUMN minyak dan gas.

"Ada deh," kata Ari di sela serah terima jabatan dan pelantikan direktur utama baru Pertamina, di kantor Kementerian Negara BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, 5 Februari 2009. "Saya akan menikmati kebebasan dulu." 

Ari mengaku tenang meninggalkan perusahaan Pertamina. Sebab dirinya yakin Karen Agustiawan, direktur utama baru Pertamina dapat melanjutkan transformasi Pertamina yang ia gagas. "Merenung dulu lah, setelah 31 tahun di Pertamina ," ujar dia.

Pria kelahiran Yogyakarta, 14 Desember 1948, ini dilantik menjadi Direktur Utama Pertamina, Rabu 8 Maret 2006, menggantikan Widya Purnama. Sebelumnya, lulusan Chemistry, Aachen University (Jerman) ini menjabat Direktur Pemasaran & Niaga. Masa Jabatan Ari seharusnya berakhir pada Maret 2011. Namun Ari telah diberhentikan dari jabatannya saat ini dengan alasan Pertamina perlu pembaruan.

Selain Ari, pemberhentian jabatan juga dilakukan kepada Iin Arifin Takhyan yang merupakan wakil direktur utama Pertamina. Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil membantah pergantian direksi Pertamina terkait pemilihan umum. "Tidak betul. Ini untuk penyegaran saja," kata dia beberapa waktu lalu.