Markas Besar Polri: Lihat Saja Nanti

Sumber :

VIVAnews - Markas Besar Polri akhirnya resmi mencopot Kepala Kepolisian Kota Besar Medan Komisaris Besar Polisi Aton Suhartono. Tiga perwira menengah di Kepolisian Daerah Sumatera Utara juga mengalami nasib yang sama. Tetapi mutasi itu tidak dialami Kepala Polda Sumatera Utara.

"Belum (diganti), lihat saja nanti," ujar juru bicara Markas Besar Polri, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira, dalam keterangan kepada VIVAnews, Sabtu 7 Februari 2009.

Aton Suhartono kini menjabat Perwira Menengah Detasemen Markas Besar Polri. Jabatan Perwira Menengah ini disebut-sebut sebagai posisi non-job. Sedangkan tiga perwira menengah di Polda Sumatera Utara yang dimutasi yakni:

1. Inspektorat Pengawasan Daerah, Komisaris Besar Dedy Ahmad Jubaidi diganti Komisaris Besar Polisi Benyamin Selawa dari Polda Jambi
2. Kepala Biro Operasi, Komisaris Besar Polisi Adios Salova diganti Komisaris Besar Polisi Sigit Sudarmanto dari Polda Metro Jaya
3. Direktur Intelijen dan Keamanan, Komisaris Besar Polisi Tjetjep Agus Supriyatna diganti Komisaris Besar Polisi Prasta Wahyu Hidayat dari Mabes Polri

Dari mutasi ini, tidak terlihat nama Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Nanan Sukarna. Sebelumnya, disebut-sebut Nanan juga akan dicopot dari kursi nomor satu di kepolisian Sumatera Utara.

Pencopotan ini terkait aksi demonstrasi di gedung DPRD Sumatera Utara yang menuntut pengesahan Provinsi Tapanuli. Abdul Aziz Angkat, Ketua DPRD Sumatera Utara yang juga kader Partai Golongan Karya meninggal ketika terjadi unjuk rasa yang berakhir anarkis itu. Dia diduga tewas karena dicederai massa.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan aparat keamanan lalai menjaga keamanan gedung dewan itu ketika terjadi demonstrasi. Kedua pimpinan polisi itu dicopot karena dianggap melanggar prosedur yang seharusnya dilakukan seorang kepala polisi di daerah.