32 Rumah Di Pulau Talaud Rusak

Sumber :

VIVAnews - Sebanyak 32 rumah di Pulau Talaud, Sulawesi Utara mengalami kerusakan dari ringan sampai berat. Selain itu, sejumlah fasilitas publik seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan juga mengalami dinding retak.

Demikian dikatakan Humas Pemerintah Daerah Pulau Talaud, Manurat kepada tvone, Kamis 12 Februari 2009. Gempa berkekuatan 7,4 skala richter mengguncang wilayah kepulauan di Sulawesi Utara dini hari tadi, pukul 00.34 WIB.

"Kami juga mendapat laporan ada 10 orang mengalami luka-luka, tapi tidak ada laporan korban tewas," kata Manurat.

Manurat menambahkan masyarakat sudah dapat mengantisipasi gempa dengan potensi tsunami. "Karena ini bukan gempa yang pertama," kata dia. Tahun 2007, wilayahnya juga pernah digoncang gempa dengan kekuatan 6,5 skala richter dan berpotensi tsunami pula.

"Sehingga malam tadi masyarakat sudah bisa mengantisipasi dengan lari ke daerah yang tinggi," tambahnya. Setelah gempa, Manurat menambahkan, listrik sempat padam sekitar lima menit.

Saat ini, kata dia, Pemerintah setempat tengah melakukan inventaris korban gempa beserta rumah dan fasilitas yang rusak. "Masih pendataan," imbuhnya.