Clinton Juga Kunjungi Sekretariat ASEAN

Sumber :

VIVAnews - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), Hillary Clinton, akan menyempatkan diri mengunjungi Sekretariat Perhimpunan Bangsa se-Asia Tenggara (ASEAN) di sela-sela kunjungannya di Jakarta 18-19 Februari 2009.

Di Sekretariat ASEAN, Clinton kemungkinan akan mengumumkan komitmen baru AS untuk meningkatkan hubungan dengan ASEAN serta kesediaan untuk hadir dalam pertemuan tingkat menteri luar negeri ASEAN akhir tahun ini.

Dalam pemberitahuan yang disampaikan Sekretariat ASEAN kepada VIVAnews, Senin 16 Februari 2009, istri mantan presiden Bill Clinton itu akan menyambangi Sekretariat di Jakarta Selatan Rabu sore 18 November 2009. Di sana, Clinton  akan menyampaikan pidato bersamma dengan Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan.

Sebelumnya kantor berita Associated Press  mengungkapkan bahwa di Indonesia Clinton akan menekankan komitmen baru AS dalam membina hubungan dengan negara-negara di Asia Tenggara.

Pasalnya, kawasan itu sering dihiraukan oleh AS selama pemerintahan George W. Bush. Baik Bush maupun Rice beberapa kali absen dalam sejumlah pertemuan ASEAN, baik itu konfrensi tingkat tinggi maupun pertemuan tingkat menteri luar negeri.  

Clinton pun akan mengumumkan kesediaannya untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri luar negeri ASEAN di Thailand akhir tahun ini. Selain itu, dia juga diharapkan bakal mengutarakan niat AS untuk menandatangani Traktat Persahabatan dan Kerjasama (Treaty of Amity and Cooperation / TAC) dengan ASEAN. Sebelumnya AS di bawah pemerintahan Bush selalu menolak menandatangani traktat ASEAN itu.