NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Publik Kanada Terbelah, Sebagian Tolak Harry-Meghan karena Tabu

Jumat, 17 Januari 2020 | 07:02 WIB
Oleh : Ezra Sihite,
Foto :
  • U-Report
Pangeran Harry dan Meghan Markle.

VIVAnews – Publik Kanada merespons rencana Pangeran Harry dan Meghan Markle setelah
mereka mengumumkan akan tinggal di negara di Amerika Utara itu pada saat menyatakan mundur dari anggota keluarga Kerajaan Inggris. Tahun ini akan menjadi masa transisi bagi Harry dan Meghan.

Pasangan paling populer di dunia yang sudah dikaruniai buah hati bernama Archie itu kemudian menjadi buah bibir lagi, tak hanya di Inggris namun juga di Kanada. Dua surat kabar besar di Kanada the Globe dan Mail menilai pasangan itu sepatutnya ditolak tinggal di Kanada.

Pasalnya status mereka yang masih anggota Kerajaan Inggris sekalipun sudah masa transisi disebut akan merepotkan bagi pemerintah dan orang Kanada sendiri. Diketahui bahwa biaya pengamanan Harry dan Meghan sempat menjadi perbincangan apabila mereka tinggal di Kanada nantinya.

Disebutkan bahwa tahun ini akan menjadi masa transisi bagi Harry dan Meghan, sebagian waktu akan mereka habiskan di Inggris namun juga akan paruh waktu menetap di Kanada tepatnya di rumah mewah mereka yakni sebuah mansion terpencil di pulau Vancouver, Kanada dilansir laman Mirror.

The Globe dan Mail melalui kolomnya menyatakan bahwa sekalipun Harry dan Meghan mundur namun mereka akan tetap dianggap sebagai anggota kerajaan. Padahal tak sepatutnya ada figur yang tinggal di Kanada yang dianggap simbol monarki karena Kanada tak lagi langsung dibawahi dan berotonomi dari Inggris. Kanada saat ini ditekankan adalah negara demokrasi namun dengan sistem monarki parlementer.

"Negara ini adalah negara monarki yang unik. Anggota kerajaan menjadi penduduk di sini yang tak lain adalah pangeran di garis keenam suksesi adalah hal yang akan memberatkan bagi Kanada. Hal ini menjadi tabu konstitusional yang memang sebenarnya tak perlu dibicarakan," dituliskan dalam kolom tersebut.

Sementara PM Kanada Justin Trudeau sebelumnya menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik Pangeran Harry dan Meghan bila ingin tinggal di negara itu. Namun Trudeau mengakui soal anggaran pembiayaan keamanan Duke dan Duchesse of Sussex itu perlu diskusi lebih lanjut.

Baca juga: Tak Cuma Harry-Meghan, Ini Daftar Anggota Kerajaan yang Pernah Mundur

"Saya rasa orang-orang Kanada akan memberi dukungan saat anggota kerajaan tinggal di sini namun memang mengenai biaya pengamanan dan lainnya masih harus dibahas lagi," kata Trudeau.

Meghan Markle sendiri saat ini sudah mulai menghabiskan waktunya di Kanada. Belum lama ini, dia tertangkap kamera menaiki helikopter dari pulau Vancouver dan mendatangi pusat penampungan perempuan di Kanada untuk berdialog dengan para staf dan perempuan yang ada di sana.

Topik Terkait
Terbaru