Bunga KPR Niaga Turun Jadi 14%

Sumber :

VIVAnews - PT Bank CIMB Niaga Tbk telah menurunkan suku bunga rata-rata 1 persen, seiring penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia, BI Rate. Suku bunga KPR kini menjadi 14 - 14,5 persen dari 15,75 persen.
 
Menurut Presiden Direktur CIMB Niaga Arwin Rasyid, penurunan suku bunga kredit tergantung dari suku bunga dana pihak ketiga. Padahal saat ini deposan masih menginginkan bunga tinggi.

"Ini tantangan untuk kami, karena deposan sekarang masih meminta bunga yang tinggi," kata Arwin di Jakarta, Selasa malam, 17 Februari 2009.
 
CIMB Niaga menargetkan pertumbuhan kredit kepemilikan rumah sebesar 20 - 25 persen, atau melebihi pertumbuhan kredit CIMB Niaga sebesar 15 - 20 persen. KPR CIMB Niaga merupakan bank terbesar kedua dalam memberikan kredit KPR.
 
Untuk mendukung penyaluran kredit KPR, CIMB Niaga menyiapkan pendanaan jangka panjang agar tidak terjadi missmatch sekitar US$ 370 juta hingga 2014. CIMB Niaga juga akan mengkaji sekuritisasi dalam penyediaan dana KPR. Saat ini dengan kredit Rp 13 triliun dari 100 ribu debitur bisa dijadikan aset sekuritisasi. "Sedang kami pelajari, kalau bisa sebanyak-banyaknya, kalau bisa Rp 1 triliun mengapa tidak," katanya.