Hillary Suka Masakan Pedas

Sumber :

VIVAnews – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton mulai disibukkan dengan jadwal kunjungan ke beberapa negara. Termasuk kunjungan dua hari ke Indonesia mulai hari ini. Padatnya jadwal kunjungan itu membuat mantan Ibu Negara AS ini harus selalu menjaga kondisi kebugarannya.

Tapi bukan suplemen khusus yang menjadi resep bugarnya. Dalam sebuah wawancara, Hillary menyebut hot pepper atau cabai adalah suplemen kesehatannya.

“Saya suka sekali makan cabai,” kata Hillary. “Saya mulai melakukannya sejak 1992. Dan sejak saat itu, saya merasa metabolisme tubuh saya meningkat dan kesehatan saya lebih terjaga.”

Hillary memang dikenal sebagai penggemar masakan pedas. Ia menyukai masakan berbumbu tajam seperti masakan Meksiko. Berbagai jenis bumbu pedas seperti saus cabai, paprika, jalapeno atau cabai Meksiko, dan tabasco adalah kegemarannya. Bahkan banyak rumor menyebutkan ia selalu bepergian tanpa lupa membawa botol saus cabai.

Diketahui terdapat banyak kandungan capsaicin di dalam cabai yang banyak memberikan manfaat untuk kesehatan. Selain itu, cabai mengandung beberapa nutrisi yang diperlukan tubuh, antara lain beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan vitamin C.

Johny Bowden, penulis buku The 150 Healthiest Foods on Earth mengungkapkan kandungan vitamin C dalam cabai dan jalapeno dua kali lebih banyak daripada yang terdapat pada buah-buah sitrus, misalnya jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi ini membantu meningkatkan pertahanan tubuh. Sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit terutama influenza.

Beberapa penelitian menyebutkan, capsaicin berfungsi juga sebagai pereda rasa sakit. Biasanya zat ini dipakai sebagai bahan pelengkap pada krim pereda nyeri otot. Kemampuan analgesik atau pereda nyeri pada capsaicin membantu otot lebih relaks.

“Orang dengan segala kesibukan jadwal seperti itu cenderung kurang tidur dan istirahat. Hal itu membuat kondisi tubuh mereka bisa menurun,” ujar Bowden. “Mengonsumsi cabai mungkin seperti makan aspirin.”

Cabai juga bisa meningkatkan metabolism tubuh. Capsaicin akan mengaktifkan hormon tubuh dan meningkatkan peredaran darah, serta memacu adrenalin.

“Jika Anda mengonsumsi dalam jumlah besar, Anda akan lebih bersemangat dan mampu terjaga hingga malam,” kata Bowden.