Sebelum Hillary, Suciwati Sudah Surati Obama

Sumber :

VIVAnews - Istri mendiang aktivis HAM Munir, Suciwati akan menyampaikan surat kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Rodham Clinton. Surat yang berisi soal kejelasan kasus pembunuhan Munir itu ternyata juga pernah dilayangkan kepada Presiden Barack Obama.

"Surat kepada Obama pernah disampaikah pada 2007. Waktu itu dia (Obama) masih menjadi senator," ujar istri almarhum Munir, Suciwati, dalam keterangan kepada VIVAnews melalui telepon, Rabu, 18 Februari 2009.

Saat memberikan surat soal kasus Munir, saat itu Obama masih menjabat senator asal Illinois. Rencananya, pertemuan Suciwati dan Hillary akan berlangsung sekitar pukul 20.00 WIB di Gedung Arsip Nasional, Jakarta Pusat.

Obama menyambut baik atas surat yang diberikan Suciwati. Surat itu berisi agar Obama menanyakan perkembangan kasus dugaan pembunuhan Munir kepada pemerintah Indonesia. "Obama menanyakan kepada Indonesia bagaimana penyelesaian kasus Munir," ujar Suciwati.

Dalam pertemuan malam nanti, Suciwati tidak mendapatkan sesi khusus dengan Hillary Clinton. Sebab, jadwal kunjungan Menteri Luar Negeri AS ke-67 ke Indonesia sangat singkat dan padat.

Selain Suciwati, Hillary juga akan menerima tokoh dari lintas agama. Mereka yang dijadwalkan bertemu antara lain, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Hasyim Muzadi, dan mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Syafii Ma'arif.