Nasabah Bank Century Unjuk Rasa di Istana

Sumber :

VIVAnews - Sekitar seratus nasabah PT Bank Century Tbk sedang melakukan aksi unjuk rasa di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat pagi ini, 20 Februari 2009. Para nasabah Century itu menuntut pemerintah mengembalikan uangnya yang diinvestasikan di produk investasi PT Antaboga Delta Sekuritas.

"Kami sudah sampai di Istana, kami sedang menunggu rombongan yang lain," ujar Gunawan, nasabah perwakilan Bank Century di Jakarta. Menurut dia, jumlah nasabah yang akan demonstrasi sekitar 100 orang.

Mereka berasal dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, serta sekitar 50-an orang petani dari Madura. Para petani ini adalah anggota Paguyuban Petani Tembakau di Kabupaten Pamekasan, Madura. Sekitar 400 petani tembakau di Madura ternyata juga menjadi korban produk investasi Antaboga sekitar Rp 13 miliar.

Tujuan utama dari aksi unjuk rasa ini, menurut Gunawan, untuk menuntut pengembalian uang mereka yang diinvestasikan di Antaboga. Mereka sesungguhnya nasabah Bank Century. Namun, karena diiming-imingi bunga tinggi, mereka menanamkan dananya di produk investasi Antaboga yang dijual oleh staf Bank Century.

Antaboga merupakan perusahaan sekuritas yang terafiliasi dengan Century. Pemilik Antaboga dan mantan pemegang saham Bank Century merupakan orang yang sama, yakni Robert Tantular.

Nasabah produk investasi yang diterbitkan oleh Antaboga resah karena mereka tidak bisa mencairkan dananya setelah jatuh tempo. Korban terbesar berasal dari Jawa Timur. Total dana yang dihimpun dari nasabah mencapai Rp 1,5 triliun.