XL, Indosat Bidik Pertumbuhan BlackBerry 400%

Sumber :

VIVAnews - Dua raksasa operator telekomunikasi yang menyelenggarakan layanan BlackBerry yakni XL dan Indosat, masing-masing membidik pertumbuhan pelanggan BlackBerry hingga 400 persen pada 2009.
 
Hal itu disampaikan Handono Warih, yang kini menjabat sebagai Manager Broadband BlackBerry & 3G XL dan Teguh Prasetya, Group Head Brand Marketing Indosat, kepada VIVAnews secara ekslusif pada kesempatan yang berbeda, Jumat 20 Februari 2009. Keduanya optimistis dapat merengkuh pertumbuhan hingga lima kali lipat.
 
Warih mengestimasi adanya pertumbuhan pelanggan hingga 400 persen melalui layanan BlackBerry XL. “Sekarang masih sekitar 25 ribu sampai 30 ribu pelanggan. Saya kira akan tumbuh menjadi 100 ribu akhir tahun ini,” kata Warih.
 
Begitu juga yang disampaikan Teguh kepada VIVAnews. “Pertumbuhan pelanggannya mencapai 300 hingga 400 persen. Harapan kita bisa mencapai 100 ribu pelanggan,” katanya. Saat ini, dilaporkan Indosat mempunyai sekitar 30 ribu pelanggan BlackBerry.
 
Untuk meretensi dan menambah jumlah pelanggan BlackBerry-nya, papar Warih, XL mencanangkan tiga langkah strategis. Pertama, BlackBerry One, yakni paket tarif harian berlangganan BlackBerry pertama di dunia. Kedua, memperluas layanan konten melalui “mal” BlackBerry yang diluncurkan 10 Februari lalu dan pendekatan edukatif pada komunitas.
 
“Misalnya, di sebuah acara gathering, XL menyediakan souvenir-nya. Ada juga rencana untuk memberikan harga-harga spesial,” ucap Warih pada VIVAnews.
 
Sementara itu, Indosat masih merahasiakan sejumlah layanan nilai tambah (VAS) yang akan disuguhkan kepada pengguna BlackBerry-nya. Di samping banyaknya jajaran baru yang akan meluncur tahun ini, papar Teguh, masih banyak layanan VAS khusus BlackBerry yang akan ditawarkan untuk meretensi sekaligus merangsang pertumbuhan jumlah pelanggan baru.
 
“Saat ini kami sedang mengembangkannya, masih rahasia. Tunggu saja tanggal mainnya,” ucapnya.
 
Terkait industri BlackBerry di Indonesia, Warih meramalkan pertumbuhannya akan mencapai 300 persen pada 2009. Artinya, pelanggan BlackBerry yang berjumlah sekitar 100 ribu saat ini akan menyentuh angka 350-400 ribu di akhir tahun.