'Joker' dan 'WALL-E' Bawa Pulang Oscar

Sumber :

VIVAnews - Mendiang Heath Ledger dapat Oscar. Ia sukses menyingkirkan pesaingnya dalam kategori aktor pendukung terbaik Academy Awards 2009.

Ledger dinilai sukses memerankan tokoh antagonis Joker dalam 'The Dark Knight'. Demikian VIVAnews kutip dari Associated Press, Senin 23 Februari 2009.

Kemenangan ini datang tepat 13 bulan setelah kematiannya. Ledger tewas akibat insiden over dosis di hari nominasi Oscar tahun lalu. Orang tua dan Saudara perempuannya mewakili Ledger naik pentas menerima Oscar. Kemenangan itu dipersembahkan untuk anak sematawayangnya, Matilda.

Pesaing yang disingkirkan aktor Australia itu adalah Josh Brolin dalam "Milk", Robert Downey Jr dalam "Tropic Thunder", Philip Seymour Hoffman dalam "Doubt" dan Michael Shannon "Revolutionary Road".

Ledger sebelumnya juga meraih penghargaan sebagai aktor pendukung terbaik Golden Globe Awards 2008 untuk peran yang sama.

Dari kategori aktris pendukung terbaik, nona poni Penelope Cruz lah juaranya. Mantan pacar Tom Cruise itu menerima Oscar pertama di perhelatan Academy Awards ke-81 di Kodak Theatre, Los Angeles. Penelope tampil prima di 'Vicky Cristina Barcelona'.

Si cantik berdarah latin juga ditemani robot berhati, WALL-E. Film animasi itu juga pulang membawa Oscar.

Apa kabar 'Slumdog Millionarie'? Sejauh ini mereka sudah menang empat kategori. Adapted Screenplay, Cinematography, Film Editing, dan Sound Mixing.

Pesaing kuatnya, 'The Curious Case of Benjamin Button' yang memimpin dengan 13 nominasi baru menang di tiga kategori. Visual Effects, Art Direction, dan Makeup.