Tak Ada Lagi Boneka Sasha dan Malia

Sumber :

VIVAnews - Perusahaan pembuat boneka Ty Inc. menghentikan produksi boneka yang memakai nama dua anak presiden Amerika Serikat, Barack Obama, yaitu Sasha dan Malia.

"Kami sangat menghargai keputusan perusahaan ini," kata Juru bicara ibu negara Amerika Serikat Michelle Obama, Katie McCormick Lelyveld, seperti dimuat harian New York Times awal Februari lalu.

Lelyveld sempat memrotes produksi boneka Sweet Sasha dan Marvellous Malia ini. Ia menilai Ty Inc sengaja memanfaatkan citra anak-anak sebagai siasat pemasaran.

Perusahaan itu sendiri menyatakan bahwa dua boneka itu tidak merujuk pada anak-anak Obama, yaitu Malia, 10 tahun, dan Sasha, 7 tahun. Namun boneka berkulit dan mata coklat yang diperkenalkan pada Januari itu menunjukkan kemiripan dengan Malia dan Sasha.

Boneka Sweet Sasha dan Marvellous Malia merupakan bagian dari seri koleksi TyGirlz. Rambut boneka Sweet Sasha dikepang sementara rambut boneka Marvellous Malia dikuncir kuda. Selain Sasha dan Malia, jajaran TyGirlz meliputi Jammin' Jenna, Happy Hillary, Precious Paris, dan Bubbly Britney.

Setelah protes Gedung Putih, perusahaan Ty akhirnya memasang tulisan 'pensiun' pada gambar Sweet Sasha dan Marvelous Malia di laman resmi mereka. Juru bicara Ty, Tania Lundeen belum memberikan keterangan.