PKB Tentukan Koalisi Setelah Pemilu

Sumber :

VIVAnews - Sejumlah partai besar sudah mulai gencar melakukan pendekatan guna mencari kemungkinan untuk koalisi. Namun, hal tersebut belum dilakukan Partai Kebangkitan Bangsa.

"(Nama-nama) Itu masih sebuah wacana, belum ada keseriusan. PKB akan melihat mana yang paling realistis dari agenda yang menjadi tujuan PKB," kata Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, saat menghadiri kampanye terbuka perdana di Subang, 21 Maret 2009.

Lebih lanjut, Cak Imin menegaskan, sejauh ini, manuver-manuver yang dilakukan beberapa partai, merupakan spontanitas dari beberapa pihak. "Kita tidak mau terjebak pada spontanitas-spontanitas yang masih belum mengkristal. Tapi pendekatan kita dengan beberapa Partai, termasuk di dalamnya Partai Demokrat intensif,” paparnya. "Semoga setelah 9 April mendatang bisa mengerucut," lanjutnya.

Dikatakan Cak Imin, partainya akan terlebih dahulu mengkaji calon-calon yang mencuat di lapangan. “Kita akan lihat capres yang paling bisa mengusung agenda PKB. Kiai-kiai ada yang Pro SBY, JK. Sampai saat ini masih kita serap mana yang terbaik,” ungkapnya.

Bahkan ketika didesak seputar wacana pencalonan dirinya, Cak Imin menegaskan dirinya akan membicarakan terlebih dahulu dengan partai. “Ada yang memunculkan. Namun, lagi lagi, perlu pengkajian lebih dalam,” elaknya.

Sementara itu, ketika disinggung terkait target perolehan suara pada pemilu, PKB optismis mengalami penigkatan suara dibanding Pemilu 2004. Pada Pemilu 2004, PKB meraih 11 persen suara. "Target kita 15 persen, atau meningkat 4 persen dari periode kemarin," tandasnya.


Laporan: Inin Nastain | Subang