Ketua DPR: Kisruh DPT Bisa Rusak Pemilu

Sumber :

VIVAnews - Masih banyaknya persoalan tentang Daftar Pemilih Tetap (DPT) dikhawatirkan dapat merusak sistem pelaksanaan pemilu. Karena, persoalan DPT dinilai sangat penting untuk segera diselesaikan sebelum pelaksanaan pemilu 2009.
 
"Persoalan itu (DPT) agar segera diklarifikasi supaya lebih jelas dan dibuka ke masyarakat," kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Agung Laksono, usai menghadiri pelantikan Hakim Konstitusi, Harjono, di Istana Negara Jakarta, Selasa, 24 Maret 2009.
 
Menurut Agung, adanya persoalan DPT seperti adanya nama 'siluman' atau ganda sebaiknya segera dilakukan Verifikasi ulang oleh Komisi Pemilihan Umum. Sehingga, DPT yang digunakan dalam Pemilu 2009 benar-benar valid. "Seperti itu dapat merusak sistem Pemilu," ujar Agung.
 
Sebelumnya, persoalan DPT kali ini tidak saja terjadi di Jawa Timur. Namun, pengawas pemilu di Jawa Tengah juga menemukan kasus yang sama yakni persoalan DPT.

Persoalan DPT ini menjadi sorotan utama PDI Perjuangan. Sekretaris Jenderal, Pramono Anung, menyebut ada empat kabupaten di Jawa Timur yang diduga kuat mengalami manipulasi dan penggelembungan DPT.

Tidak hanya itu, kisruh DPT di Jawa Timur berbuntut pengunduran diri mantan Kepala Polda Jawa Timur dari Kepolisian RI, Inspektur Jenderal Herman Suryadi Sumawiredja. Herman pun didekati sejumlah partai politik untuk memberikan penjelasan soal kisruh DPT di Jawa Timur.