Wajib Pajak Antusias Serahkan SPT di Mal

Sumber :

VIVAnews - Upaya Direktorat Jenderal Pajak menyebar petugasnya di mal-mal untuk menjemput Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak membuahkan hasil. Para Wajib Pajak orang pribadi terlihat antusias menyerahkan SPT mereka di mal.

Di Plaza Semanggi, Jakarta Pusat, Pojok Pajak berlokasi di lantai 3A. Areanya di dekat foodcourt, persisnya di depan Restoran Bebek Hoya. Saat makan siang, sejumlah pekerja yang kantornya berlokasi di sekitar mal ini banyak memanfaatkan Pojok Pajak itu untuk menyerahkan SPT Pajak tahun 2008 yang akan berakhir 31 Maret 2009 ini.

Agus Hilman, salah satu karyawan swasta yang kantornya sekitar satu kilometer dari Plaza Semanggi kepada VIVAnews, Rabu 25 Maret 2009, mengaku menyerahkan SPT bersama-sama empat orang temannya. Keberadaan Pojok Pajak, kata warga Larangan, Ciledug, ini sangat membantunya.

"Kalau nggak ada, saya harus nyerahin SPT ke KPP di Tangerang. Lokasinya jauh dari rumah saya yang ada di perbatasan Jakarta-Tangerang," kata Agus.

Novianti juga sependapat dengan Agus. Teman satu kantor Agus ini mengaku tidak perlu ke Bandung, alamat yang sesuai KTP-nya untuk menyerahkan SPT. "Apalagi penyerahan SPT di mal ternyata simpel dan cepat," kata Novi.

Agus juga memuji kecepatan petugas pajak di lapangan. Meski hanya dijaga dua petugas, pelayanan yang diberikan sangat simpel dan cepat. "Pas ada kekurangan, petugas ngasih tahu apa yang harus diisi. Lima menit beres. Kalau nggak ada kekurangan dua menit saja selesai," kata Agus. Begitu SPT diserahkan, petugas akan memberikan tanda terima berupa stiker.

Dari pantauan, tumpukan amplop berisi SPT yang diserahkan para wajib pajak di meja Pojok Pajak Plaza Semanggi cukup banyak. Petugas memisahkan tumpukan amplop itu di satu meja khusus.

Sementara Kepala Subdit Humas Direktorat Penyuluhan Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak, Richard Burton saat dikonfirmasi VIVAnews mengakui antusiasme wajib pajak yang menyerahkan SPT di mal memang cukup tinggi. "Terutama karyawan yang tak sempat ke KPP," katanya.

Ditjen Pajak, kata dia, sudah menyebar petugasnya di mal-mal besar dari Aceh sampai Papua sejak sebulan lalu. Setiap pojok pajak dijaga dua petugas. "Tapi kita belum tahu berapa banyak yang menyerahkan di mal, akhir Maret baru ketahuan," katanya.