5 Korban Pendekatan Ilegal

Sumber :

VIVAnews - Gelandang Arsenal, Cesc Fabregas, mengaku telah didekati oleh kubu Real Madrid. Sayangnya, Presiden Ramon Calderon, melakukannya secara ilegal.

Fabregas membangkitkan memori serupa yang terjadi kepada beberapa pemain. Bahkan, seorang manajer pun ikut terseret trik kotor ini. Sportsmail menyebut lima momen paling terkenal dalam sejarah sepakbola itu.

1. Ashley Cole
Bek kiri Inggris, Ashley Cole, dan agennya, Jonathan Barnett, bertemu CEO Chelsea, Peter Kenyon. Ikut datang pada pertemuan di sebuah hotel di London, Januari 2005, itu agen Pini Zahavi. Padahal, saat itu Cole masih berbaju Arsenal.
Cole akhirnya hijrah ke Chelsea, setahun kemudian. Suami Cheryl Tweedy ini lantas dijuluki "Cashley", menggambarkan pengaruh tumpukan uang Roman Abramovich dalam transaksi itu.
Lisensi keagenan Barnett akhirnya dibekukan dan ia harus membayar denda 100.000 poundsterling atas keterlibatannya dalam negosiasi itu.

2. Gareth Barry
Kapten Aston Villa ini mendadak jadi pemain beken usai musim 2007/2008. Liverpool dan Arsenal memperebutkan gelandang timnas Inggris ini.
Rafa Benitez dikritik keras Manajer Villa, Martin O’Neill, karena membuat komentar tentang pemain yang masih punya kontrak di tim lain. Rencana hijrah Barry tak menjadi kenyataan. Tapi, Rafa nyaris mendapatkan masalah akibat komentarnya.

3. Cristiano Ronaldo
Euro 2008 menyisakan gosip tak sedap. Tak lain karena munculnya kembali rumor pendekatan Real Madrid kepada bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo. Bahkan, gosip musim panas itu makin kencang berhembus.
Bos FIFA, Sepp Blatter, sampai turun tangan. Blatter menyebut CR7 sebagai korban "perbudakan modern". Dan Ronaldo setuju dengan hal itu.
Ronaldo batal hijrah ke Madrid. Tapi, tampaknya rumor itu akan kembali berhembus musim panas nanti.

4. Christian Ziege
Maret 2002, Liverpool didenda 20.000 pounds akibat pendekatan ilegal kepada Ziege yang saat itu masih punya kontrak tersisa dengan Middlesbrough. Ziege juga harus membayar denda 10.000 pounds atas ulahnya itu.
Liverpool telah melakukan penawaran 5,5 juta pounds kepada Ziege sebagai pengganti klausul keluar (buy out clause). Tawaran ini lebih rendah yang diterima Boro dari klub lain.

5. Brian Clough
Mantan Manajer Nottingham Forest in menyulut kontroversi. Terutama oleh komentarnya yang menyebut telah melakukan pendekatan ilegal kepada banyak pemain saatmenjadi manajer Forest era 1975-1993.