Milito Tajam, Genoa Fantastis

Sumber :

VIVAnews - Kompetisi Serie A hanya tinggal menyisakan tujuh laga sisa. Tidak ada yang menyangka jika Genoa mampu membuat lompatan jauh. Kini harapan bermain di Liga Champions sangat terbuka bagi I Rossoblu.

Genoa sendiri sebenarnya hanya menargetkan bermain di Piala UEFA musim depan. Namun siapa yang menyangka jika tim besutan Gian Piero Gasperini ini justru mampu menoreh prestasi lebih.

Kemenangan 3-2 dari Juventus semakin memantapkan posisi I Rossoblu di klasemen. Diego Milito cs berhasil nangkring di peringkat empat klasemen sementara. Genoa unggul dua poin dari Fiorentina dan delapan poin dari AS Roma.

“Kami sekarang percaya dapat berlaga di Liga Champions meski pertarungan belum berakhir. Kemenangan dari Juventus memberikan kami banyak kekuatan dan kepercayaan," ujar Gasperini seperti dilansir yahoosport, Rabu, 15 April 2009.

“Kami akan tetap bertarung hingga akhir meskipun mendapat saingan dari Fiorentina dan AC Milan," tambahnya.

Musim lalu Genoa hanya mampu nangkring di peringkat 10 klasemen akhir. Namun torehan itu terbilang fantastis mengingat I Rossoblu baru naik dari Serie B. Genoa sendiri telah tertahan di Serie B sejak 1995 silam.

“Ini hasil dari kesepakatan besar dari diskusi kami mengenai persahabatan dan persaan emosional," tambahnya.

Peran Gasperini memang sangat besar buat Genoa. Mengawali karir di tim yunior Juventus dari 1994-2003, Gasperini sempat membesut Crotone sebelum akhirnya melatih I Rossoblu di musim panas 2006 silam.

Guna memastikan satu tiket ke Eropa, Genoa tidak boleh gagal menjalani tujuh partai sisa. Genoa akan menjamu Lazio, Sampdoria, Chievo dan Lecce di Stadio Luigi Ferraris sebelum melawat ke Bologna, Atalanta dan Torino.

Milito Kunci Sukses Genoa

Keberhasilan Genoa menapaki musim ini tak lepas dari keberhasilan Gasperini meracik pertahanan dan penyerangan. Terbukti, Genoa mampu masuk lima besar untuk kategori tim paling subur dan kokoh bertahan.

Untuk urusan menjebol gawang lawan, Genoa berhasil menduduki peringkat kelima dengan torehan gol 43. Catatan itu hanya kalah dari Big Four Serie A yakni Internazionale Milan dengan 57 gol, Juventus (56), AC Milan (54) dan AS Roma (48).

Sedangkan untuk urusan pertahanan, Genoa bahkan mampu masuk empat besar. I Rossoblu hanya kemasukan 29 gol, sama dengan Juventus. I Rossoblu hanya kalah kuat dari Inter yang hanya kemasukan 23 gol, Milan (28 gol).

Berbicara produktivitas Genoa, tentu pandangan akan diarahkan pada striker anyar mereka Diego Milito. Striker yang didatangkan dari Real Zaragoza ini mampu mendongkrak performa I Rossoblu.

Striker Argentina ini berpeluang merebut gelar Capocannonieri musim ini. Milito telah mengoleksi 16 gol dalam 25 laganya di Serie A. Ketajaman Milito ini yang diharapkan para tifosi Genoa akan terus menjaga peluang mereka tampil di Liga Champions.

Torehan gol Milito itu hanya kalah dari striker Inter Milan Zlatan Ibrahimovic yang kini memimpin daftar top skorer Serie A dengan 20 gol dan striker Bologna Marco Di Vaio (19 gol).