Sofjan: Koalisi Jangan Tinggalkan Profesional

Sumber :

VIVAnews - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi meminta agar koalisi yang digagas partai politik tidak sekadar memikirkan jatah posisi untuk kader partai di pemerintahan.

Sofjan mengakui saat ini partai politik sedang disibukkan oleh urusan pemilihan umum dan koalisi partai menuju pemilihan calon presiden. Bahkan, para menteri yang menjadi Ketua Partai mulai sulit dicari karena mereka juga sibuk dengan urusan pemilu.

Sofjan menekankan suara 20 persen yang diraih oleh Partai Demokrat baru kemenangan di pemilihan legislatif. Namun, dia berkeyakinan koalisi yang digagas partai Demokrat berpeluang besar memenangkan pemilu calon presiden pada Juli 2009.

"Jangan overacting, saya yakin Demokrat akan menang lagi di pemilihan capres," katanya. 

Namun, setelah koalisi partai terbentuk dan terpilih siapa presiden RI berikutnya, Sofjan menekankan agar koalisi tidak sekadar mempertimbangkan kader partai dan meninggalkan tokoh profesional.

"Mereka juga harus mempertimbangkan tokoh profesional," kata Sofjan di Jakarta, Selasa, 21 April 2009. Tokoh profesional diperlukan terutama untuk mengurus departemen di sektor ekonomi. "Soal ini harus diputuskan dalam platform non koalisi."

Saat ini, partai-partai tengah menggagas koalisi untuk persiapan pemilihan calon presiden pada Juli mendatang. Dua kubu yang terlihat mencolok menjajaki koalisi adalah kubu Partai Demokrat di satu sisi berhadapan dengan kubu PDIP.

Kubu Partai Demokrat yang menjagokan calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono tengah menjajaki koalisi dengan Golkar, PKS, PAN dan PKB. Sedangkan, kubu PDIP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri diperkirakan bakal berkoalisi dengan Partai Gerindra dan Hanura.