Duel Sengit Pakistan Versus Taliban, 80 Tewas

Sumber :

VIVAnews - Militer Pakistan telah membunuh 80 militan dalam serangan ke Kota Buner, Minggu 3 Mei 2009. Dalam agresi ini, tiga tentara tewas dan delapan lainnya terluka.

Angkatan perang Pakistan juga menewaskan 16 militan di distrik Mohmand. Sekitar seratus anggota kelompok garis keras menyerang markas tentara Pakistan di Mohmand. Militer menembak balik dan menewaskan 16 militan.

Mohmand merupakan wilayah suku yang membatasi Pakistan dan Afghanistan. Meski kedua kejadian di Buner dan Mohmand tidak berkaitan, namun menunjukkan kondisi Pakistan yang mulai memanas.

Awal tahun ini, Pakistan telah menandatangani kesepakatan dengan militan Taliban. Pemerintah Pakistan mengizinkan Taliban memberlakukan hukum syariah di Lembah Swat yang mereka kuasai dengan syarat Taliban mengurangi penggunaan kekerasan.

Laman stasiun televisi CNN mengatakan pengerahan militer ke distrik Buner menodai perjanjian itu. Aksi pemerintah juga menghambat pembicaraan perdamaian antara dua pihak yang dimulai kembali Jumat (1/5) lalu.

Pemerintah Pakistan juga dikritik karena lemah menghadapi kelompok militan di Afghanistan. Akibatnya militer Amerika Serikat kerap melakukan serangan udara yang menargetkan markas militan di Pakistan dan memperkeruh hubungan AS dan Pakistan.