PPP Perkirakan Hanya Muncul Tiga Capres

Sumber :

VIVAnews – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan, Endin Akhmad Jalaluddin Soefihara, memperkirakan hanya muncul tiga calon presiden di pemilihan presiden 2009. Sebab, kata dia, tidak mudah bagi partai memenuhi syarat mengajukan kandidat presiden sendiri.

“Syarat 20 persen kursi atau 25 persen suara yang harus didapat partai untuk mengusung calon, itu berat sekali,” kata Endin kepada VIVAnews, Jumat 20 Februari 2009.

Perhitungan Endin bahwa hanya muncul tiga calon presiden karena sejauh ini hanya ada tiga partai yang berani mematok target perolehan suara di 25 persen ke atas. Yaitu Partai Golongan Karya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Partai Demokrat.

Ketiga partai itu diperkirakan Endin tidak terlampau sulit mencapai target. Dengan demikian tiga partai jawara ini akan mulus mengusung calon sendiri ke bursa pemilihan presiden.

Partai moncong putih sudah mengusung ketuanya, Megawati Soekarnoputri. Sedangkan Partai Demokrat menjagokan Susilo Bambang Yudhoyono. “Dan Golkar sudah bisa ditebak, Pak Jusuf Kalla yang maju,” kata Endin.

Sementara itu partai-partai lainnya diprediksi Endin sulit menyentuh angka 20 persen. Apalagi 25 persen. PPP sendiri sebagai partai yang telah lama malang melintang di pemilu, kata Endin, hanya berani mematok target 15 persen.

Dengan begitu, kata Endin, partai-partai ini mustahil mampu mengusung calon presiden sendiri.  Faktor yang menyulitkan mereka menembus angka di atas 20 persen adalah banyaknya partai yang berebut menang.

Walau begitu, kata dia, tidak menutup kemungkinan muncul calon presiden di luar tiga nama, Megawati, Yudhoyono, dan Kalla. Calon alternatif itu dapat dimunculkan dengan cara koalisi antarpartai yang suaranya tidak signifikan di pemilihan legislatif 9 April 2009.

PPP sendiri sampai sekarang belum mengumumkan siapa calon presiden yang hendak didukung. Endin mengatakan masih terlalu dini untuk menentukannya sekarang.