Penjualan PC di Asia Pasifik Lesu

Sumber :

Pertumbuhan penjualan PC di Asia Pasifik tercatat naik 1,8 persen pada kuartal keempat 2008, dibandingkan tahun 2007. Artinya, PC yang laku dijual diperkirakan hanya sekitar 19,5 juta unit.

Menurut perusahaan riset khusus IT, Gartner Inc, hal ini dipengaruhi besar oleh lambannya daya beli konsumen di dua negara yang menguasai 65 persen pangsa pasar Asia Pasifik, yakni Cina dan India. Di Cina, pertumbuhan PC dilaporkan hanya mencapai 0,2 persen. Sementara di India sekitar 2,2 persen.

"Tren ini tidak hanya melanda Asia Pasifik, tetapi juga industri PC global. Kuartal empat tahun lalu merupakan periode penjualan tersuram sejak 2002," kata juru bicara Gartner, seperti diberitakan PC World, Rabu 21 Januari 2009.

Dari penelitian yang dilakukan juga diketahui bahwa pertumbuhan penjualan PC secara global mencapai 78,1 juta unit, hanya naik 1,1 persen ketimbang periode yang sama setahun sebelumnya.

Sementara itu, pasar PC di Amerika Serikat mengalami periode terburuk sejak hantaman resesi tahun 2001 silam. Dilaporkan, sepanjang kuartal empat tahun lalu, persentase PC yang terjual menurun 10 persen dibanding tahun 2007.

"Hal tersebut terjadi karena derasnya arus krisis finansial," ujar Mika Kitagawa, salah seorang analis pasar komputer Gartner. "Sementara pasar Eropa, Timur Tengah, dan Afrika juga secara tidak langsung terkena dampak resesi ekonomi yang terjadi."

Tren yang sama juga terjadi di pasar komputer jinjing. Meski begitu, terungkap bahwa kondisi pasarnya relatif stabil. Berdasarkan laporan IDC, kendati pada Q3 08 penjualannya meningkat 40 persen ketimbang tahun sebelumnya, di Q4 08, penjualan mengalami penurunan 20 persen.

Sepanjang tahun 2008, menurut Gartner, PC yang terkapalkan mencapai 302,2 juta unit, meningkat 10,9 persen ketimbang tahun lalu. Perlu diketahui juga, pada pasar komputer secara menyeluruh, jajaran produk Hewlett-Packard masih mencatat penjualan terbaik, disusul Dell, Acer, Lenovo, dan Toshiba. Sayangnya, tidak keterangan lebih detail terkait besar pangsa yang dikuasai masing-masing vendor.

Khusus di Asia Pasifik, Dell masih memimpin pasar. Sementara Acer mencatat perolehan pertumbuhan gemilang di antara yang lainnya dengan 31,1 persen pada Q4 tahun lalu.