Pedro de la Rosa Yakin soal Keamanan KERS

Sumber :

VIVAnews – Ketua Asosiasi Pembalap Grand Prix Pedro de la Rosa yakin soal keamanan KERS yang mulai dipakai seluruh tim musim ini. Pernyataan de la Rosa muncul menyusul kekhawatiran tentang bahaya KERS (Kinetic Energy Recovery System) yang bisa memicu mengalirnya listrik di sekujur badan mobil F1.

“Untuk masalah KERS, tim kami dan FIA telah melakukan kerja baik untuk bisa memastikan keamanan sistem itu. Saya tak punya kekhawatiran soal KERS,” kata de la Rosa seperti dikutip Autosport, Rabu 21 Januari 2009.

Pedro de la Rosa kini memimpin proses pengembangan KERS bersamaan dengan tugasnya di McLaren. Walau saat ini merasa yakin, ia juga mengatakan kalau akan tetap berusaha meningkatkan keamanan sistem yang bekerja untuk menjadikan konsumsi BBM  lebih irit. Emisi gas buang juga dapat pula dikurangi.

“Kita akan selalu belajar. Yang menjadi masalah adalah Anda tak bisa melihat listrik. Anda bisa melihat api, tapi Anda tidak bisa melihat keberadaan listrik.”

Kubu Renault sudah mengungkapkan kekhawatiran mereka soal risiko penggunaan KERS. Direktur Teknik mereka, Bob Bell , bahkan menilai KERS dapat menjelma menjadi bahaya yang mematikan.