Alex Ferguson Pimpin Tim Pilihan

Sumber :

VIVAnews – Situs resmi UEFA, uefa.com, menggelar jajak pendapat siapa yang pantas masuk dalam tim pilihan tahun 2008. Sekitar 3,3 juta vote masuk.  Hasilnya adalah formasi 4-4-2 yang didominasi Spanyol.

Juara Piala Eropa 2008 itu menyumbangkan enam pemain dalam tim terbaik itu. Mulai dari penjaga gawang, pemain bertahan, gelandang hingga penyerang pasti ada nama Spanyol.

Dominasi Spanyol bisa dibilang wajar karena keberhasilan mereka di musim panas lalu saat menjuarai Piala Eropa. Namun Inggris yang tidak lolos ke Piala Eropa tidak mau ketinggalan. Mereka punya satu wakil lewat John Terry.

Finalis Piala Eropa, Jerman, hanya punya satu wakil lewat Philipp Lahm. Portugal, Perancis dan Argentina masing-masing diwakili satu pemain.

Pemain Barcelona adalah yang paling banyak dalam tim ini dengan tiga orang. Sedangkan Manchester United, sang juara dunia, hanya diwakili satu orang. Terima kasih pada Cristiano Ronaldo. Tapi hebatnya, pelatih tim pilihan pembaca uefa.com ini jatuh pada Manajer MU Alex Ferguson.

Sama sekali tak ada nama Italia dalam tim tersebut. Pemain dari Serie-A juga tidak ada yang terpilih. Kejadian pertama dalam delapan tahun terakhir.

Tim pilihan:
Iker Casillas (Spa, Real Madrid); Sergio Ramos (Spa, Real Madrid), John Terry (Eng, Chelsea), Carles Puyol (Spa, Barcellona), Philipp Lahm (Ger, Bayern Munich); Cristiano Ronaldo (Por, Manchester United), Xavi Hernandez (Spa, Barcellona), Cesc Fabregas (Spa, Arsenal), Franck Ribery (Fra, Bayern Munich); Lionel Messi (Arg, Barcellona), Fernando Torres (Spa, Liverpool).

Pelatih:
Alex Ferguson (Eng, Manchester United).