NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Benda Kuno Ditemukan di Bekasi, Begini Wujudnya

Selasa, 10 Desember 2019 | 18:06 WIB
Oleh : Hardani Triyoga, Dani (Bekasi),
Foto :
  • VIVAnews/Dani
Benda kuno ditemukan di Bekasi

VIVAnews –  Benda kuno mirip peninggalan jaman pra sejarah ditemukan di Kampung Lemahabang, Desa Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi. Warga tak sengaja menemukan bongkahan bata dan koin kuno di dasar tanah.

"Warga yang sedang menggali sumur tak sengaja menemukan koin kuno dan susunana batu bata," kata Camat Karangbahagia, Karnadi, Selasa 10 Desember 2019.

Karnadi menceritakan, peristiwa ini ditemukan warga pada Jumat 6 Desember 2019. Ketika  itu, warga sedang melakukan penggalian di dasar tanah sedalam 3 meter. 

"Tiba-tiba menemukan bongkahan bata merah yang sudah tersusun dan koin bergambar seorang perempuan dengan tulisan 1899," katanya.

Saat ini, kata dia, temuan benda kuno itu langsung dipindahkan ke lokasi yang lebih aman menggunakan alat berat. Namun, sayangnya, karena peralatan seadanya, proses pemindahan terkendala. 

"Dan proses penggalian di lokasi temuan bangunan kuno itu masih di lakukan sampai sekarang bersama warga," imbuhnya.

Kini, kata Karnadi, pihaknya sudah berkordinasi dengan pemerintah daerah atas temuan benda kuno tersebut. Setidaknya, ada tindak lanjut untuk seluruh benda tersebut. 

"Termasuk untuk mengamankan benda-benda ini, jadi ketahuan akan ditempatkan dimananya," ujarnya.


 

Topik Terkait
Terbaru