Kesejahteraan Polisi Masih Minim

Sumber :

VIVAnews - Indonesia Corruption Watch menilai faktor maraknya suap di instansi kepolisian dan lembaga negara lainnya disebabkan banyak faktor. Diantaranya pengawasan, kesejahteraan, dan disiplin yang minim.

"Faktor-faktor buruk ini bergabung jadi satu jadilah polisi seperti yang lihat sekarang ini," kata anggota Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch, Emerson Yuntho, Kamis 22 Januari 2009.

Ia menilai program anggaran berbasis kinerja atau renumerasi yang dilaksanakan di lima lembaga, termasuk peradilan, dapat mengurangi suap di kepolisian, "Tapi tidak menyelesaikan masalah." Renumerasi memang akan meningkatkan kesejahteraan polisi. Tapi, Emerson menambahkan, penyelesaian satu faktor penyebab suap tidak cukup.

Peningkatan kesejahteraan memang penting, namun kepolisian harus juga meningkatkan disiplin dan pengawasan. "Kalau pengawasan lemah, renumerasi malah akan menaikkan nilai suap," kata dia.

Selain itu, Emerson juga menilai polisi yang terbukti menerima suap harus dihukum lebih berat dibandingkan warga sipilnya. "Seperti penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi. Reward-punishment harus jalan," tambah dia.