"Yang Kalah Berkata, You Are My President"

Sumber :

VIVAnews - Ada sebagian budaya politik di Amerika Serikat yang dinilai perlu ditiru politisi Indonesia. Sikap legawa dan kebebasan atas apa yang diraih lawan politik merupakan salah satu tindakan yang dinilai terpuji.

"Obama terpilih secara damai dan bebas. Kemudian yang kalah berkata, you are my president. Itu hasil pemikiran yang panjang," ujar pengamat politik, Rizal Mallarangeng dalam diskusi di Utan Kayu, Jakarta Timur, Kamis, 22 Januari 2009.

Dengan mengambil contoh kemenangan Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat, politisi Indonesia dinilai dapat meniru sikap lawan-lawan politik Obama. Kubu yang berseberangan dengan Obama sebaiknya juga ikut merasa senang atas kemenangan lawan politiknya.

"Kalau kita lihat pada Obama, kita ikut merasa senang. Dengan aktor-aktor politiknya. Ini kalau kita belajar bukan hanya pada filosofinya. Karena memang kita harus tahu aktornya. Ada kebanggaan," ujar Rizal yang juga Direktur Freedom Institute ini.

Bagaimanapun juga, Rizal melanjutkan, rakyat Indonesia harus bergembira atas perkembangan dunia politik di tanah air. Menurut Rizal, demokrasi modern yang kini berkembang ternyata dapat mewujudkan secara realistik cita-cita yang sangat tinggi sekalipun.