Atmosfer Shanghai 1920

Sumber :

VIVAnews – Barongsai, naga, lampion, kue keranjang, dan hiasan serba merah adalah dekorasi umum menjelang perayaan Tahun Baru Imlek. Hampir seluruh pusat perbelanjaan berhias dekorasi tersebut. Demikian pula berbagai restoran dan hotel yang menawarkan hidangan ala Imlek.

Namun euforia ini tidak berlaku di resto Warong Shanghai Blue 1920 yang terletak di Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat. Resto yang menyajikan hidangan peranakan China dan Betawi ini lebih menawarkan suasana interiornya yang bertema art deco tanpa dekorasi khas Imlek pada umumnya. Di sini, Anda bisa merayakan tahun baru dalam suasana interior dengan sentuhan China yang elegan.

Nuansa art deco yang kental langsung menyambut kita saat menginjakkan kaki ke dalam interior Shanghai Blue. Perpaduan warna solid merah dan biru dengan elemen dekorasi gaya tempo dulu membawa kita bernostalgia pada era Shanghai 1920-an.

Foto-foto tua, lukisan, dan poster gaya art deco bernuansa kota Shanghai menjadi elemen dekoratif di sudut resto ini. Furniturnya pun merupakan perpaduan mebel kayu berciri Indonesia dan China dengan gaya art deco.

Menurut General Relation Officer Warong Shanghai Blue 1920 Handie  Saladin, resto ini didirikan untuk mengenang Warong Shanghai Sunda Kelapa yang didirikan oleh wanita asal Betawi Mpok Siti Djaenab bersama suaminya pria berdarah peranakan China atau Babah bernama Chan Mo Sang. Keduanya membuka sebuah warung kelontong yang menyediakan teh.

Kemudian warung ini berkembang menjadi warung makan yang menyajikan masakan peranakan China dan Betawi. Tak hanya untuk makan saja, warung ini juga menjadi pusat hiburan bagi para pelaut yang singgah di pelabuhan Sunda Kelapa di masa itu. Di warung ini tersedia bar, tempat menghisap candu atau opium yang pada masa itu masih legal, tempat menjahitkan pakaian, bercukur, dan juga untuk berdansa di tengah iringan musik jazz.

Kini, sisa kenangan Warung Shanghai Sunda Kelapa masih terbingkai di resto Shanghai Blue. Tak hanya dalam atmosfer interiornya saja. Tapi juga dalam menu masakannya. Mungkin bisa menjadi inspirasi Anda dan keluarga merayakan Imlek.

Warong Shanghai Blue 1920
Jl. Kebon Sirih Raya 79 Jakarta Pusat
Telepon: (021) 3918690, (021) 70883366