KSEI Uji Coba Sistem Investor Area

Sumber :

VIVAnews - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) berencana menguji coba sistem investor area pada Sabtu 14 Februari 2009. Uji coba dilakukan di internal KSEI dengan beberapa nasabah perusahaan efek.

Sistem investor area adalah fitur baru yang dipersiapkan KSEI untuk memudahkan investor dalam melihat saldo rekening efek.

"Secara internal pasti akan diuji coba dengan beberapa pemilik rekening. Insya Allah, Sabtu ini," kata Direktur KSEI, Trisnadi Yulrisman, di sela pencatatan produk Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA) PT Danareksa Investment Management di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis 12 Februari 2009.

Trisnadi menambahkan, sistem investor area masih diharapkan dapat diluncurkan bulan ini. Saat ini, sistem tersebut masih dalam proses pengembangan di internal KSEI.

"Kami sudah menyiapkan gambaran mekanismenya," kata dia.

Dia menjelaskan, nasabah yang memiliki rekening di perusahaan efek secara otomatis juga mempunyai rekening nasabah (subrekening) di KSEI. Nantinya broker yang wajib membukukan subrekening itu di KSEI.

Selanjutnya, dia menambahkan, nasabah akan memperoleh kode personal indentification number (PIN) untuk mengakses sistem investor area tersebut.