Perlindungan untuk Kelinci Pika

Sumber :

VIVAnews – Kelinci pika adalah kelinci yang tinggal di pegunungan Amerika bagian Utara. Saat ini, keberadaan kelinci pika atau sering disebut American pika, semakin terancam. Sebab habitat tempat mereka tinggal semakin panas, seperti dikatakan oleh Pusat Keragaman Biologi Amerika (Center for Biological Diversity and Earthjustice).

Untuk itu, Badan Pelayanan Ikan dan Hewan Liar Amerika Serikat (The U.S. Fish and Wildlife Service) mempertimbangkan agar kelinci pika dimasukkan dalam daftar hewan yang dilindungi agar jumlahnya tidak semakin berkurang dan tidak punah.

Para ahli lingkungan menjelaskan, kelinci pika hanya bisa hidup di cuaca dingin. Tetapi karena terjadi pemanasan global, tempat tinggal kelinci pika yang berada di pegunungan semakin hari semakin panas. Oleh karena itu, banyak kelinci yang pindah, mencari tempat yang lebih dingin. Tetapi ada juga yang tidak kuat dan mati.

Kelinci pika ini biasanya hidup di balik pepohonan di pegunungan bagian Utara Amerika. Seperti Oregon, Washington, Idaho, Montana, Wyoming, Colorado, Utah, dan Nevada. Kelinci yang memiliki nama latin Ochotona princeps ini merupakan kelinci dengan ukuran paling kecil dibandingan jenis kelinci lain.