NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Tiru Korea Selatan, Parade Budaya Digelar di Bandara Soetta

Jumat, 17 Januari 2020 | 11:12 WIB
Oleh : Lis Yuliawati, Sherly (Tangerang),
Foto :
  • VIVAnews/ Sherly (Tangerang)
Parade budaya di Bandara Soekarno Hatta, Jumat, 17 Januari 2020.

VIVAnews – Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin mengungkapkan, pada 2020 ini, pihaknya akan secara rutin menggelar parade budaya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan devisa di bidang pariwisata.

"Kementerian Pariwisata meminta agar bandara bisa ditingkatkan untuk art tourism. Maka dari itu tepat di awal tahun ini, kita lagi meningkatkan art culture menjadi sebuah menu tambahan dalam sebuah operasional bandara. Caranya dengan menggelar parade budaya khas nusantara secara rutin yang akan hadir pada Selasa, Jumat dan Minggu," katanya.

Menurut dia, konsep tersebut mereka tiru dari Korea Selatan. Negara yang dijuluki sebagai negeri gingseng tersebut, rutin menggelar festival atau parade budaya untuk menarik wisatawan mancanegara ataupun lokal.

"Seperti di Korea, waktu tertentu mereka melakukan parade budaya. Makanya, kita terapkan juga di sini. Untuk fokus awal, parade budaya hanya akan ada di Terminal 3 karena terminal ini cukup luas dan penerbangannya juga cukup banyak," ujarnya.

Ia juga akan terus berkoordinasi untuk melihat perkembangan atau respons dari parade budaya tersebut hingga nantinya, kegiatan parade seperti menunjukkan tarian adat ataupun baju adat itu, bisa juga hadir di bandar udara lainnya yang dinaungi Angkasa Pura II.

"Ini hanya ada di sini (Bandara Soetta) dulu, karena memang bandara ini salah satu bandara tersibuk dan terpadat. Baru nantinya secara berkelanjutan hadir di bandara lainnya," ujarnya.

Untuk diketahui, dalam sehari hampir 200 ribu pergerakan penumpang di Bandara Soetta yang dipastikan pihaknya sekitar 25 persen atau 45 ribu pergerakan merupakan penumpang internasional.

Topik Terkait
Terbaru