Mari Mengenal Penyakit Leptospirosis

Sumber :

VIVAnews -  Saat musim hujan datang, banyak sekali penyakit yang datang. Baik yang ringan seperti batuk dan pilek atau yang berat seperti demam berdarah dan leptospirosis. Penyakit ini cukup berbahaya dan harus diwaspadai.

Apakah kalian tahu penyakit leptospirosis?

Leptospirosis adalah penyakit pada manusia dan hewan yang disebabkan bakteri Leptospira. Bakteri itu banyak ditemukan dalam air seni hewan. Seperti tikus, sapi, kambing, anjing, kucing, serangga, burung, kelelawar, tupai, dan landak.

Setelah hujan datang banyak genangan air yang muncul. Di genangan air itulah terdapat air seni hewan yang banyak bakteri Leptospira. Hewan yang banyak menyebarkan bakteri itu melalui air seninya adalah tikus.

Menurut dokter Tini Suryanti, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI Jakarta, leptospirosis ini disebabkan bakteri leptospira yang menular dari hewan ke manusia. Salah satu perantaranya adalah air seni tikus.

Bakteri leptospira ini masuk ke tubuh manusia melalui telapak kaki, mata, hidung, luka di kulit, air, dan makanan. Saat masuk ke aliran darah, dalam 4-10 hari, bakteri akan menyebar ke seluruh tubuh.

Ketika musim hujan seperti sekarang ini, banyak sekali orang yang terkena penyakit Leptospirosis. Untuk itu kalian harus lebih waspada dan menjaga lingkungan agar tidak terkena Leptospirosis.

Untuk mencegahnya, kalian harus selalu menjaga kebersihan diri sendiri, rumah, dan lingkungan tempat tinggal kalian.