Daerah Diharapkan Jaring Tokoh Internal

Sumber :

VIVAnews - Salah satu Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Syamsul Muarif, mengharapkan Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar menjaring tokoh internal sebagai calon presiden. "Kalau penjaringan itu juga memasukkan tokoh eksternal, itu memenangkan orang lain namanya," kata Syamsul.

Syamsul menyatakan, penjaringan itu memang membuka peluang munculnya tokoh eksternal Golkar. Karena itu, buru-buru Syamsul mengingatkan, "tujuan partai politik itu ya menang Pemilu dan jadi presiden," kata Syamsul di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Nelly, Jakarta, Selasa 17 Februari 2009.

Surat edaran penjaringan calon presiden dan wakil presiden dari Golkar ini sudah diedarkan ke seluruh DPP pada 16 Februari 2009 kemarin. DPP memiliki waktu sampai Maret 2009 untuk menyetorkan nama-nama yang layak.

Masing-masing DPD akan mengusulkan tujuh nama untuk disetorkan ke DPP. "Kemudian akan dilakukan survei," kata Syamsul.

"Hasil survei akan dibicarakan dalam Rapat Pimpinan Nasional Khusus pada 23 April 2009, setelah Pemilu," kata Syamsul. "Kalau misal Golkar menang Pemilu dan lalu ada tokoh internal yang menang survei, maka kami akan mengajukan tokoh itu."