Kaspersky Buka Toko Online

Sumber :

VIVAnews -- Penyedia software keamanan komputer Kaspersky membuka layanan berbelanja online untuk kawasan Asia Tenggara melalui situs eStore barunya bertajuk Antivirus365.net.

Layanan yang berpusat di Malaysia itu dibuka secara serempak untuk melayani 11 negara-negara yang meliputi Indonesia, Burma, Brunei, Kamboja, Timor Timur, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

“Misi kami adalah membuat produk kami mudah diakses dan terjangkau. Kami yakin ini waktu yang tepat untuk meluncurkan eStore Kaspersky seiring potensi pertumbuhan bisnis online di wilayah ini,” kata Cheung Harry Cheung, Managing Director dari Kaspersky Lab Asia-Pasifik. 

Menurutnya, tren berberbelanja lewat internet semakin populer karena lebih menghemat biaya dan waktu. Peningkatan pengguna internet menunjukkan lebih dari 50 persen dari pengguna internet telah melakukan pembelian secara online. 

Menurut data dari Internet World Statistic, ada 105 juta pengguna internet dari sekitar 580 juta populasi di Asia Tenggara, yang akan memadati trafik belanja secara online. 

Lewat toko online tersebut, Kaspersky Lab menjual solusi-solusi seperti: Kaspersky Internet Security, Kaspersky Anti-Virus, Kaspersky Mobile Security, dan produk untuk UKM, Kaspersky Small Office Security (KSOS). 

Di kawasan Asia Tenggara, KSOS hanya dijual secara online melalui Antivirus365.net. Lewat situs ini juga, pelanggan dapat memperbarui lisensi piranti lunak yang telah dimilikinya secara online.

Selain layanan produk antivirus, Antivirus365.net juga akan menyediakan dukungan untuk pelanggan semisal Chat Live untuk pertanyaan singkat, bantuan lewat e-mail, atau bantuan telepon bantuan lewat forum (forum.antivirus365.net). 

Layanan Kaspersky itu dinamai Antivirus365.net, bukan untuk menyaingi nama-nama virus yang biasanya menggunakan kode-kode angka. Tapi, kata Mok Chee Yong, direktur penjualan pasar maya itu, merupakan komitmen dukungan kepada pelanggan selama 365 hari penuh, dalam setahun.

“Meski kami baru memulai pasar online ini, kami yakin bisa meraih target 1 juta penjualan kami di tahun 2009,” ujar Yong. Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Uniknya, aktivasi produk Antivirus365 diberitahukan kepada pelanggan melalui SMS, di mana nomer ponsel pelanggan dimintai saat melakukan registrasi. 

Jadi, bila pelanggan telah melakukan pembayaran, ia tak perlu menunggu kode aktivasi dari imel, melainkan lewat ponselnya saja.

Ke depan, Kaspersky merencanakan metode pembayaran alternatif selain kartu kredit, antara lain melalui transfer e-banking, Paypal, pembayaran lewat SMS, atau pembayaran offline.