IDC: Penjualan Netbook Naik Tajam

Sumber :

VIVAnews - Netbook merupakan jajaran komputer ultra portabel yang sedang populer. Tetapi, menurut data terbaru yang dirilis perusahaan riset IDC, ternyata netbook jauh lebih populer dari yang diperkirakan.

Menurut IDC, tahun 2008 lalu penjualan netbook mencapai 30% dari seluruh penjualan perangkat portabel konsumer. Terutama di kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA). Salah satu faktor yang berkontribusi secara signifikan pada tingginya penjualan netbook adalah subsidi yang diberikan pada penyedia layanan telekomunikasi, khususnya di Eropa, bagi netbook yang memiliki fitur telekomunikasi GSM yang terintegrasi. Meski demikian, kalangan bisnis sendiri lebih memilih produk notebook konvensional.

“Seperti sudah diperkirakan, mini notebook merupakan barang yang paling dicari di musim liburan, khususnya di kawasan Eropa Barat yang merepresentasikan lebih dari 80% total volume penjualan netbook di kawasan EMEA,” kata seorang juru bicara IDC seperti VIVAnews kutip dari Osnews.com, 20 Februari 2009. “Mengikuti langkah Asus, kini terdapat lebih dari 50 vendor mulai dari pemain kelas dunia sampai produsen lokal yang menawarkan jajaran produk mini notebooknya.”

IDC melaporkan, di kawasan EMEA sendiri penjualan netbook mencapai 3,6 juta unit pada kuartal terakhir 2008. Sepanjang tahun lalu, di kawasan itu sebanyak 7 juta unit netbook laku terjual dengan tingkat penjualan yang naik drastis di paruh kedua tahun tersebut.

Di masa ekonomi yang sulit seperti ini, netbook dianggap sebagai produk yang tepat untuk berkomputer. IDC sendiri memprediksikan, khusus tahun 2009 ini, penjualannya akan tumbuh sebanyak dua digit.