Penyerapan APBN 2009 Diupayakan Maksimal

Sumber :

VIVAnews - Pemerintah akan berusaha mempertahankan tingkat penyerapan anggaran 2009 agar bisa maksimal. Langkah ini ditempuh agar upaya penanganan krisis bisa berhasil.

Menurut Deputi Menko Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bambang Susantono langkah ini ditempuh dengan memaksimalkan setiap unit kerja.

Saat ini, dia mengakui terjadi benturan soal dana stimulus antara pemerintah dengan Dewan Perwakilan Rakyat. "Stimulus tambahan masih belum disetujui," katanya. Akibatnya, waktu pelaksanaanya menjadi pendek.

Pemerintah mengajukan stimulus fiskal untuk mendorong perekonomian sebesar Rp 71 triliun. Namun, proposal pemerintah tersebut belum disetujui oleh DPR.

Padahal sesuai arahan Menteri Perekonomian, pemerintah berharap pelaksanaan proyek mulai bisa diterapkan Maret. Namun karena belum ada persetujuan DPR, unit kerja harus diaktifkan.

"Jadi jika nanti tertunda, kami akan percepat dari yang semua 6 bulan pelaksanaan proyek, jadi 3 bulan," katanya. Langkah ini ditempuh dengan menambah jumlah tenaga kerja sebagai unit kerja paling akhir.