NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Banjir Landa Jakarta, Cek Informasinya Lewat MAPID

Jumat, 24 Januari 2020 | 22:27 WIB
Oleh : Lis Yuliawati,
Foto :
  • Twitter @TMCPoldaMetro
Banjir di Sunter Jakarta Utara, Jumat 24 Januari 2020

VIVAnews – Perusahaan startup dari Bandung, Jawa Barat, MAPID, mengumpulkan data peta banjir yang bisa diakses gratis oleh seluruh masyarakat. Data itu tersaji dalam aplikasi NOWMAPID.

“Kami mengumpulkan data banjir dan membuat aplikasi NOWMAPID untuk layanan masyarakat yang interaktif agar masyarakat lebih mudah dalam melihat data banjir dan melaporkannya kepada sesama masyarakat," ujar Chief Executive Officer (CEO) MAPID Bagus Imam Darmawan, dalam keterangan tertulis, Jumat, 24 Januari 2020.

Bagus menambahkan, "Jadi kalau mau pergi bisa menghindari daerah tersebut. Untuk jangka panjang, data tersebut bisa untuk gambaran masyarakat dalam keputusan misalnya membeli rumah, buka usaha, bisa lihat MAPID dulu, biar bisa lihat apakah daerah tempat berbisnis atau daerah rumah yang mau dibeli ini mempunyai potensi banjir atau tidak".

Data peta banjir terpadu ini didapatkan dari berbagai sumber data pemerintahan dan laporan masyarakat sehingga data yang dihasilkan cukup lengkap. Data yang ditampilkan oleh dasbor MAPID adalah data informasi seputar banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya. 

Informasi yang ditampilkan mencakup area genangan banjir yang dilengkapi dengan ketinggiannya. Tak hanya itu, masyarakat juga dapat mengetahui titik yang dijadikan lokasi pengungsian terdekat dari tempat tinggal mereka. 

Data disajikan dengan tampilan tiga dimensi yang mudah dipahami oleh masyarakat. Tidak hanya melihat data banjir dalam website, masyarakat juga bisa memberikan informasi banjir melalui aplikasi NOWMAPID.

Aplikasi ini akan menampilkan laporan dari masyarakat dan akan ditampilkan di dalam peta, agar masyarakat bisa mengetahui lokasi tepat banjir yang sedang terjadi. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di gawai Android maupun iOs.

Menurut Bagus, hanya dengan mengakses tautan www.geo.mapid.io/banjirjakarta dan mengunduh aplikasi NOWMAPID, masyarakat bisa melihat dan melaporkan data banjir dari hari ke harinya.

Topik Terkait
Terbaru