Australia Identifikasi Korban yang Diduga WNI

Sumber :

VIVAnews - Pemerintah Australia sedang mengidentifikasi dua warga negara Indonesia atau WNI, yang diduga menjadi korban kebakaran di Marysville, Negara Bagian Victoria. Australia pun sangat menghargai pengiriman tim idenfitikasi yang dikirim dari Indonesia.

"Proses identifikasi akan membutuhkan waktu lama seperti yang terjadi pada peristiwa (bom) Bali," kata Duta besar Australia untuk Indonesia Bill Farmer, dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Australia, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Senin 23 Februari 2009.
 
Pemerintah Australia tidak akan terburu-buru mengumumkan hasil identifikasi kepada korban yang diduga dua warga Indonesia itu. Kendati demikian, proses identifikasi itu hingga kini belum juga selesai. "Kami akan memastikan hasilnya terlebih dulu sebelum mengumumkan hasil identifikasi," kata Bill Farmer.

Australia, menurut Farmer, merasa tersentuh dan menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan tim identifikasi korban dari Indonesia. Farmer menilai positif bantuan itu. "Kami tersentuh atas bantuan Indonesia untuk identifikasi korban," kata dia.

Rudi dan Dean Lesmana, dua warga Indonesia yang hilang dalam kebakaran di Marysville hingga kini belum ditemukan. Padahal sudah lebih dari dua pekan keduanya dilaporkan hilang.

Saat kejadian berlangsung, Rudi dan Dean ingin berwisata ke Marysville sambil mengambil dokumentasi pemandangan alam di pedesaan, sebelum bekerja di rumah makan Jepang di Toorak.

Kebakaran yang melanda wilayah tenggara Australia sejak 7 Februari lalu telah menewaskan sekitar 209 orang. Saat ini, petugas penyelamat terus berjuang menemukan tubuh korban yang belum ditemukan.