Eksportir Ingin Krisis Tak Dibesar-besarkan

Sumber :

VIVAnews - Ketua Ikatan Eksportir Importir Amalia Achyar mengharapkan pemerintah agar jangan membesar-besarkan krisis yang mengena ke industri tekstil dan produk tekstil.

Pasalnya jika masalah industri tekstil terlalu sering disebut terkena imbas krisis, malah akan berdampak buruk pada industri itu.

Menurut Amalia, krisis yang terjadi saat ini perlu disikapi lebih bijak. "Buat kami di industri garmen dan tekstil, upaya pemerintah untuk merangkul dan bagaimana mengatasi industri ini lebih penting," kata Amalia di Jakarta, Selasa 11 Maret 2009. "Jadi jangan disebut-sebut, sektor garmen dan tekstil paling terkena."

Dia mengakui saat ini beberapa industri garmen sudah tutup. "Jumlahnya sekitar 10-15 persen dari 75 anggota kami," ujar Amalia. 

Menurut dia, banyak faktor yang menyebabkan anggotanya tutup usaha. Banyak faktor yang mempengaruhi. "Bukan hanya krisis. Kalau perusahaan belum masuk bursa masih tertutup, jadi tidak disebut penyebabnya," katanya.

Namun, terlepas dari faktor penyebabnya, industri ekspor impor harus mulai dirangkul. "Jangan diperbesar, karena akan membuat pembeli di luar negeri takut," ujarnya.