Dalai Lama Dilarang, Konfrensi Bakal Diboikot

Sumber :

VIVAnews - Pemerintah Afrika Selatan (Afsel) menolak memberikan izin berkunjung (visa) kepada pemimpin spritual Tibet di pengasingan, Dalai Lama. Padahal, penerima hadiah Nobel itu berencana menghadiri konfrensi perdamaian di Johannesburg, Jumat pekan ini.

Afsel merasa jika Dalai Lama hadir dalam forum itu, fokus perhatian masyarakat akan berpaling dari penyelenggaraan turnamen akbar sepak bola, Piala Dunia 2010 di mana Afrika Selatan menjadi tuan rumah.

"Kami tidak bisa membiarkan perhatian masyarakat berpaling ke China dan Tibet," kata juru bicara kepresidenan, Thabo Masebe, sambil menambahkan bahwa Afrika Selatan telah mendapat banyak keuntungan dengan menjalin hubungan perdagangan dengan China.

Sesama penerima Nobel, Uskup Desmond Tutu, mengatakan dia akan memboikot forum perdamaian itu. Mantan presiden Afrika Selatan, F.W. De Klerk yang juga menerima hadiah Nobel, mendukung Tutu. De Klerk menyatakan tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan itu jika Dalai Lama tidak disertakan.

De Klerk mengatakan, keputusan menolak visa Dalai Lama merupakan penghinaan bagi konfrensi perdamaian. "Afrika Selatan merupakan negara demokrasi konstitusional berdaulat dan seharusnya tidak membiarkan negara lain mendikte tindakan mereka," kecam De Klerk di lama stasiun televisi CNN.

Seorang wakil Dalai Lama mengaku tidak terkejut dengan keputusan itu. Pemerintah Tibet di pengasingan, menganggap China telah menekan banyak negara untuk menolak kunjungan Dalai Lama.

Konfrensi perdamaian yang seharusnya dihadiri Dalai Lama itu merupakan kesempatan untuk menunjukkan peran Afrika dalam penerapan hak asasi manusia sebelum bertugas menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun depan.

Forum itu akan dihadiri para pemenang hadiah Nobel dan para pejabat top sepakbola. Tamu undangan antara lain Nelson Mandela dan Martti Ahtisaari, Sepp Blatter (Presiden FIFA - Badan Sepakbola Dunia) dan aktris Charlize Theron. (AP)