Hari Ini, Tempat Pengumpulan SPT di Mal Libur

Sumber :

VIVAnews - Untuk hari ini, Kamis 26 Maret 2009, stand-stand Pojok Pajakyang digunakan sebagai tempat pengambilan dan penyerahan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak tutup.

Pantauan VIVAnews di beberapa mal di Jakarta stand Pojok Pajak terlihat kosong.

Di Jakarta Barat, tepatnya di Citraland, Pojok Pajak yang berada di lantai LG lengang. Meja kursi yang biasanya dipakai staf pegawai pajak hari ini terlihat dipakai para pengunjung mal untuk bersantai. Stand Pojok Pajak tertulis tutup.

Situasi yang sama juga terlihat di counter pelayanan pajak di Mal Kelapa Gading. Kantor sementara Pojok Pajak yang disewa disebelah counter GNC di lobby mal 5 lantai dasar, juga sepi. Di Mal Kelapa Gading ini, bahkan kantor Pojok Pajak terlihat gelap karena lampu ruangan yang tidak dinyalakan.

Winda, customer service counter pelayanan pajak mengatakan, laporan pajak tahun 2008 dibuka pada 25-31 Maret 2009. Laporan dilakukan pada pukul 11.00 - 14.00  setiap harinya. Untuk tanggal 31 Maret diperpanjang sampai pukul 17.00.

Staf Humas Direktorat Jenderal Pajak Richard Burton ketika dikonformasi mengatakan, pada perayaan hari Nyepi atau libur nasional ini, petugas Kantor Wilayah Perpajakan libur. "Tidak ada yang masuk karena libur nasional," katanya.

Ia mengatakan sebenarnya KPP pajak sudah memaksimalkan pelayanan kepada wajib pajak. Bahkan sejak Desember 2008 lalu, sudah sering KPP buka setiap sabtu. "Jadi tidak tepat kalau ditambah hari libur sekarang harus dibuka," katanya.

Sebagai gantinya, Richard mengatakan, nanti pada hari terakhir penyerahan SPT, kantor pajak dan Pojok Pajak akan buka penuh sampai sore. "Kalau biasanya Pojok Pajak yang di mal-mal buka dari pukul 11.00 sampai 14.00 WIB, nanti pada tanggal 31 Maret akan buka sampai pukul 17.00."