Teh Panas Picu Kanker Tenggorokan

Sumber :

VIVAnews – Anda memiliki kebiasaan minum teh dalam keadaan panas? Sebaiknya hindari kebiasaan itu. Pasalnya, menurut ilmuwan Iran, minum teh dalam keadaan yang panas bisa memicu kanker tenggorokan.

Para ilmuwan menyarankan untuk menunggu hingga minuman dalam keadaan hangat. Sebelumnya sebuah studi menunjukkan adanya hubungan mengonsumsi rokok dan alkohol dengan kanker oesophagus (tenggorokan). Penelitian itu dipublikasikan dalam British Medical Journal. Studi tersebut juga menemukan bahwa alkohol dan rokok juga salah satu pemicu timbulnya tumor .

Minum teh dalam keadaan panas dengan temperatur lebih dari 70 derajat Celsius meningkatkan risiko hingga delapan kali lipat, kanker tenggorokan, jika dibandingkan minum teh di temperatur kurang dari dari 65 derajat.

Reza Malekzadeh dari Fakultas Ilmu kedokteran, Universitas Tehran, bersama tim penelitinya mempelajari kebiasaan minum teh 300 pasien kanker oesophagus dan 571 wanita dan pria sehat di provinsi Golestan Province bagian utara Iran.

Semua responden memiliki kebiasaan yang sama yaitu minum teh hitam secara regular lebih dari satu liter setiap hari. Menurut peneliti, angka kanker tenggorokan di Golestan merupakan tertinggi di dunia
walaupun konsumsi alkohol dan rokoknya rendah.

Penelitian menunjukan seseorang yang minum teh kurang dari dari dua menit setelah diseduh air mendidih berisiko lima kali lebih besar dibandingkan dengan yang menunggu sekitar empat menit atau lebih.

Tidak begitu jelas, mengapa teh bisa menyebabkan kanker tenggorokan. Kemungkinan besar temperatur air yang sangat panas lah yang menyebabkan luka di lajur tenggorokan dan menyebabkan tumor atau kanker.

Tiap tahunnya, kanker oesophagus menyebabkan lebih dari 500.000 orang meninggal dunia. Penyakit kanker tersebut banyak terjadi di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.