Bicarakan Bahaya Narkoba pada Anak

Sumber :

VIVAnews - Hal penting, tetapi kadang sulit untuk dibicarakan adalah tentang bahaya narkoba. Apalagi topik satu ini tidak cukup dibicarakan dalam waktu lima menit saja. Ini panduan untuk berbicara tentang hal tersebut kepada buah hati Anda.

1. Beri alasan tepat pada anak, mengapa Anda tidak menginginkan dia mengonsumsi narkoba. Misalnya, narkoba bisa membuat sakit parah, bahkan dapat berujung pada kematian.

2. Bermain peran. Praktikkan cara menolak apabila ditawari obat terlarang. Ajarkan padanya cara menolak tawarn tersebut. Cara ini bisa jadi akan diingat dalam pikiran anak.

3. Sering-seringlah berbicara tentang bahaya penggunaan narkoba. Beri pengertian, agar jangan sesekali mengonsumsi obat-obatan terlarang tersebut. Katakan padanya, bahwa benda itu bisa membuat kecanduan, dan membuat dia sulit untuk berhenti.

4. Jadilah pendengar yang baik. Sering-seringlah bertanya pada dia tentang aktivitasnya di luar. Jangan lupa berilah saran jika si kecil menemui masalah. Dengan demikian si anak akan memiliki kebiasaan berkeluh kesah pada Anda setiap ada persoalan.

5. Cobalah bersabar dalam menjawab pertanyaan yang diajukan. Kebanyakan orang tua yang dulunya pernah mengonsumsi obat terlarang tidak bicara jujur pada anak-anaknya. Mereka takut wibawa mereka akan jatuh di depan anak jika kebenaran itu terkuak. Perlu Anda tahu, pengalaman orang tua bisa menjadi pelajaran buat anak.

6. Perjelaslah pertanyaan anak. Hal tersebut untuk meyakinkan Anda tentang pertanyaan yang diajukan anak terutama hal yang menyangkut pengalaman Anda tentang narkoba.

7.  Jangan bereaksi jika diskusi Anda dengan buah hati melenceng dari topik. Jika pendapat anak membuat Anda syok, arahkan pembicaraan pada alasan orang mengkonsumsi narkoba. Ajaklah anak untuk cari tahu risiko yang dihadapi kelak.

8. Siaran televisi, berita atau artikel tentang bahaya penggunaan obat terlarang sedikit banyak membantu Anda. Mulailah menambah wawasan Anda dari media ini.