NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Anies Mulai Izinkan Kegiatan Sosial Ekonomi Secara Bertahap

Kamis, 4 Juni 2020 | 13:55 WIB
Oleh : Lis Yuliawati, Fajar Ginanjar Mukti,
Foto :
  • Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

VIVAnews – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai memberi izin untuk kegiatan sosial ekonomi secara bertahap, di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di Juni. 

Menurut Anies, kegiatan bisa dilakukan dengan pengendalian risiko penularan Covid-19 yang ketat. "Dalam masa transisi ini, kegiatan sosial ekonomi sudah bisa dilakukan secara bertahap, dan ada batasan yang harus ditaati," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis, 4 Juni 2020.

Anies mengemukakan, periode ini merupakan periode transisi menuju kegiatan sosial yang memberi manfaat bagi masyarakat luas. PSBB transisi sekaligus masa edukasi bagi warga atas cara hidup pada tatanan new normal atau kenormalan baru. Pada masa PSBB transisi, pelonggaran terbatas dilakukan, namun masyarakat harus terus memperhatikan protokol kesehatan saat mulai beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Anies Perpanjang PSBB di Jakarta, Juni Masuk Masa Transisi

"Periode ini juga adalah periode edukasi, periode pembiasaan terhadap pola hidup sehat, aman, produktif, sesuai protokol Covid-19," ujar Anies.

Anies mengemukakan, sekali pun ada pelonggaran, sanksi masih terus diberlakukan jika ada pelanggaran atas ketentuan-ketentuan PSBB. Masyarakat, di antaranya wajib terus mengenakan masker saat berada di luar ruangan, juga tetap tidak diperkenankan berkumpul lebih dari lima orang.

"Dalam masa transisi ini, semua peraturan mengenai sanksi terhadap pelanggaran pembatasan tetap berlaku, dan akan ditegakkan. Mulai dari ketentuan terhadap kegiatan usaha, sampai kegiatan masyarakat, tidak ada pengecualian," ujar Anies.
 

Topik Terkait
Terbaru