NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

PSBB Jakarta Masa Transisi, Anies: Angka Rt Terus Turun Jadi 0,09

Kamis, 4 Juni 2020 | 13:59 WIB
Oleh : Hardani Triyoga, Fajar Ginanjar Mukti, Lilis Khalisotussurur,
Foto :
  • Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

VIVAnews – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan perpanjang masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, PSBB ini jadi masa transisi sampai akhir Juni dengan beberapa kelonggaran.

Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan beberapa kelonggaran ini karena angka penularan virus Corona di Ibu Kota memperlihatkan angka penurunan. Kata Anies, dengan menyebut data sampai per Rabu, 3 Juni 2020, indeks angka reproduksi efektif (Rt) terus mengalami penurunan.

"Terkait dengan nilai reproduksi virus yang turun terus per kemarin nilai Rt di angka 0,99. Parameter juga terlihat dengan menunjukkan angka yang baik," kata Anies di Balai Kota DKI, Kamis, 4 Juni 2020.

Baca Juga: Anies Perpanjang PSBB di Jakarta, Juni Masuk Masa Transisi

Anies menambahkan dalam dua pekan terakhir, DKI bisa dikatakan zona hijau. Ia menekankan PSBB diperpanjang tapi dengan masa transisi demi menuju kota yang aman, sehat, produktif, serta bebas dari Covid-19.

"Masyarakat bisa berkegiatan sosial ekonomi, dalam masa transisi ini, kegiatan sosial ekonomi kegiatan ekonomi dilakukan secara bertahap dan ada batasan yang harus ditaati," ujar Anies.

Sebelumnya, Anies memutuskan memperpanjang PSBB di DKI Jakarta mulai Jumat besok 5 Juni 2020. PSBB diperpanjang dengan masa transisi untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. 

"Kami di gugus tugas percepatan penanganan Covid DKI Jakarta, kita memutuskan untuk menetapkan status PSBB di DKI Jakarta diperpanjang. Bulan Juni sebagai masa transisi," ujar Anies, di Jakarta, Kamis, 4 Juni 2020.

Anies tidak mengungkapkan sampai kapan perpanjangan PSBB ini berlangsung. “Masa transisi ini dimulai besok, sampai selesai,” ujarnya. Namun, disebut akan ada evaluasi di akhir Juni.

Update seputar informasi Corona dengan klik tautan ini.
 

Topik Terkait
Terbaru