Obama Undang Pemimpin Arab dan Israel

Sumber :

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengundang sejumlah pemimpin di Timur Tengah untuk membicarakan perdamaian di kawasan itu. Juru bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan pertemuan Obama dengan para pemimpin ini akan berlangsung sebelum keberangkatan Obama ke Prancis, 6 Juni.

"Obama dan para pemimpin itu akan mencari cara supaya AS bisa berperan lebih banyak dalam upaya perdamaian di Timur Tengah dan mempererat kerja sama dengan negara-negara itu," ujar Gibbs dalam konferensi pers di Washington, Selasa, 21 April 2009, seperti dimuat di laman stasiun televisi BBC.

Mereka yang diundang untuk datang ke Washington DC awal Juni mendatang antara lain perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu, presiden Mesir Hosni Mubarak, dan pemimpin Palestina Mahmoud Abbas. Gibbs mengatakan undangan itu telah disampaikan setelah Obama menerima pemimpin Yordania, Raja Abdullah II.

Namun belum diketahui apakah Obama akan mengadakan pertemuan gabungan yang melibatkan pemimpin Arab dan Israel. Obama sendiri mengaku bahwa ada pesimisme yang muncul di kalangan negara Arab, Israel, Palestina, dan dunia berkaitan dengan upaya meraih perdamaian di Timur Tengah.

"Saya harap dalam beberapa bulan mendatang, semua pihak memberikan sinyal positif mengenai perdamaian di kawasan itu," ujar Obama. (AP)